Review Setahun Menggunkan Fitur ISS Honda, Tidak Cocok dipakai saat "ini" dan di "sini"

Fitur Idling Stop System Honda Claim Lebih irit.

Cara-Kerja-Idling-Stop-SystemFitur ISS ini mulai keluar pertama kali pada Honda Vario 125 eSP Generasi pertama. Dengan Fitur yang seolah mematikan mesin saat mesin idle melewati 3 detik dengan ketentuan berlaku. Ketentuan berlaku maksudnya motor sudah mencapai suhu tertentu.

Dengan Sistem Idle Stop ini diklain bisa menghemat bahan bakar karena saat posisi motor idle khususnya saat berhenti di Traffic Light atau lampu merah mesin akan berhenti dan tentunya bahan bakar tidak terpakai saat waktu tersebut.

Penggunaan Fitur ISS pada Lalu Lintas padat.

Harga-Honda-Beat-eSP

Di “sini” sijdewe menggunakan Honda Beat Sporty dengan eSP dan Fitur ISS ini untuk kendaraan harian yang mana domisi sijidewe di CIkarang yang mungkin bisa menjadi gambaran kecil sibuknya lalu lintas ibu kota saat Rush Hour. Tepatnya pada pagi hari saat berangkat bekerja dan Sore saat Pulang.

Pada saat Lampu Merah, cenderung kendaraan merayap. Bergerak namun sangat pelan dan berhenti sejenak jalan kembali. Karena mungkin pembaca tau bagaimana lalu lintas di sini yang bahkan lampu merah sendiri kadang di terobos, mkalum banyak yang melakukan jadi polisi juga pusing mengaturnya.

Idle stop sistem
Idle stop sistem

Pada kondisi “ini” tentunya penggunaan Fitur Idling System Stop ini menjadi tidak maksimal, karena hanya berhenti sejenak dan jalan lagi. Mati 1 detik jalan lagi. Meskipun pabrikan klaim aman dengan kondisi ini, tapi sijidewe pribadi malah kwatir kalau nanti Fitur ISS ini rusak. akhinya pilihan lain ya dimatikan saja fitur ini tinggal pencet tombol kok.

Kesimpulannya yang sijidewe lalui setiap hari, penggunaan Fitur ISS ini tidak cocok untuk di gunakan pada padatnya lalu lintas pagi hari dan sore hari dimana waktu tersbut puncaknya lalu lintas, karena pengguna kendaraan cenderung padat merayap.

Fitu ISS ini cocoknya digunakan pada lalu lintas yang tergolong lancar, kalau dicikarang mungkin pada jam diluar agi dan sore. sekitar 09-00 sampai dengan 14.00 dan malam hari 21.00 sampai dengan 05.00, Dari setahun menggunakan Honda Beat SPorty ISS ini mungkin bisa dihitung kapan mengaktifkan fitur ISS nya. dan lebih sering di non aktifkan fitur ini.

Masalah irit..? 11-12 lah.. maklum macet tidak bisa mengukur dengan jelas, ya Full tank pertamax untuk 5 hari kerja dengan jarak tempuh sehari 20 km (sudah pp lho ya). Irit atau Boros tergantung melihat kondisilah….


Share This:

Related Posts

  1. iss saya gak pernah aktiv lagi, cuma aktiv normal 1-3 bulan awal doank. udah males kompain pas service sama saja hasilnya

  2. Setuju,

    Saya hanya mengaktifkan ISS saat kebagian lampu merah awal. (masih lama baru bakal berubah jadi hijau). Sisanya ISS = off.
    Cekleknya pas motor sudah berhenti.

  3. 2014 waktu mau beli WTF bingung pilih iss cbs atao non iss cbs, nah pemikiran ane sama nih kaya gini akhirnya ane pilih yg non iss lebih murah 1jtan rem cbs juga ane kurang suka

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*