Beberapa Hal yg menjadi Penyebab Shock Depan Bocor

Shock Boor Oli melalui karena seal jebol

Pada bagian atas Tabung atau bottom case Shock Absorber Front atau shock depan ada seal yang sangat rentang terhadap barang asing misal krikil, debu, bahkan rambut.

Shock Bocor karena Seal Jebol.

Sijidewe mengorek informasi dari teman yang kebetulan sehari-hari bergelut dengan  shock breaker atau shock absorber. Salah satu bagian shock yang paling fital dibagian part-part shock motor adalah seal atau oil seal. Oil Seal ini berfungsi untuk menahan Oli Shock supaya tidak keluar. Posisi dibagian atas Bottom case.

Oil Seal Shock Sangat Rentan terhadal benda asing, karena itu mudah sekali bocor. Karena itu di atas oil seal ada karet lagi yang bisa di sebut dust seat. tujuannya untuk menutupi Oil Seal dari benda Luar. Berikut Beberapa Hal yang bisa menyebabkan seal bocor dari beberapa kasus yang teman maupun sijidewe sendiri alami.

  • Terdapat debu yang masuk melewati dust seal, sehingga ngganjel di oil seal.
  • Rambut yang “nylempit: di oil seal dan pipe
  • Plastik bekas lakban pada pengiriman motor, nah ini waktu sobat mau mengirim motor sebaiknya setelah turun di cek apakah masih ada bekas lakban di bagian pipe.
  • Shock yang pernah dibongkar, ada kemungkinan pemasangan oil seal yang tidak sempurna alias miring.
  • Life Time atau umur Oil Seal yang memang sudah waktunya mengganti
  • mungkin sobat lain mau nambahin..?

Shock Bocor tidak melulu oil seal Jebol

seal-shock-depan

Nah SOb setelah diatas penyebab seal jebol sepelekan.? Nah ternyata shock jebol jangan langsung di judge bahwa sealnya yang jebol. Hal lain yang dapat menyebabkan Shock Bocor adalah Pipe yang baret. Kaasus terjadi di Honda YAmaha VIxion adik yang kebetulan kedua shock depan bocor, setelah dicek ternyata pada fork pipe atau pipenya baret tipis memanjang dari atas bawah, yang sebelah titik seperti terkan lemparan kerikil sehingga platingan cacat.

Saat motor atau shock digenjot-genjot. Oli akan mengalir melalui baret dan cacat tadi. itu sekali genjot misal 0,001 ml. coba dalam sekali pemakaian berapa kali genjot atau berapa kali shock breajer melakukan bottoming (gerakan ke atas bawah) melewati goresan dan cacat tadi.

Kurang lebih itu sob beberapa penyebab shock bocor. mungkin sobat mau menambahkan yang lain..?

sumber foto : gsx250.wordpress.co, pertamax7.com


Share This:

Related Posts

  1. Nah,itu ane alamin jyga belakangan ini,motor ane tiger 98,panggilan sayangnya “belalang tempur”,pastinya pemilik pertamanya belinya pas lagi jaman kerusuhan dulu,sampe kesaya udah ganti nama ke4 kalinya..
    Ceritanya belakangan ini ada rembesan oli di fork sebelah kanan,karena posisinya sebelah kanan rembesan oli tsb smpe membasahi bagian pengereman smpe bikin rem jadi gak pakem sama sekali,emang ada bercak2 di as shock kanan kirinya seperti bekas2 hantaman kerikil halus2,tpi kok yg bocor kanan doang,akhirnya ane bongkar sndri,dan ganti seal,ternyata di shock bagian kanan ada bagian yg hilang(back up ring),tapi kok bocornya baru2 ini aja,sblum2 nya g bocor setelah 8taunan motor ane miliki,okelah tetep ane ganti seal dalam sama dust sealnya kanan kiri,selesai terpasang kok masih bocor juga,dan kok bagian kiri aman2 aja juga,ane smpet bongkar dan ganti seal lg dan hasilnya sama.jadi ternyata memang dulu(+/- 3tahunan yll)ane pernah nabrak mobil smpe as fork melengkung ke belakang dikit dan ane pres lagi biar lurus lg.dan mungkin karena hasil presnya g terlalu presisi jadinya bisa cepet merusak as fork sama sealnya karena proses naik turun shock yg tdk stabil(tdk seimbang)dari bawah ke atasnya.akhirnya win2 solutionnya ya ane beliin as shock baru (merk bukan aslinya),dan mulai ane bongkar sendiri lagi,sekalian bongkar ane pibdahin BACK UP RINGnya(karena nyari back up ring shock di luaran dh hampir mustahil ada yg jual) dari kiri ke kanan(krn ane sadar beban seal shock kanan juga jauh lebih berat dari kiri krna disitu terdapat dudukan kaliper cakram dimana saat braking shock kanan menanggung seluruh beban motor beserta berat muatannya),dan skalian ganti lagi seal shocknya lagi,dan setelah terpasang kembali dgn kondisi gantian shock kiri tanpa back up ring sealnya,dan smpe sekarang sudah 3bulanan gak ada gejala rembesan lg di kanan maupun d kiri,braking jadi lebih pakem gak ada rembesan oli,naik turun shock stabil karena as shock baru dan masih lurus banget,shock kiri gak rembes walopun tanpa back up ring krn kerja seal yg memang lbh ringan dan naik turunnya yg stabil,dan si belalang tempur sudah enak untuk di ajak berpetualang cinta lagi..

  2. bagian shock depan, terutama motor batangan, memang rentan terpercik lumpur ataupun debu. herannya kok suspensi depan motor batangan jarang dikasih pelindung di bagian seal. yg keliatan jelas ada pelindungnya setau saya cuma suzuki satria, viar jenis trail & klx/d-tracker

  3. ojmx ane jg baru2 ini ngalamin kebocoran oli shock depan dua2nya…krn pernah kena lubang beberapa kali, yg lumayan keras benturannya…
    cukup ganti seal oli & oli shock nya, dn skrg shock depan ane serasa baru…

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*