Beda Dengan Indonesia, Penerapan SIM di Inggris Akan membuat kita Pusing..

Sedang hangat-hangatnya Lur pembahasan SIM C yang rencananya akan dikelompokkan menjadi 3 yakni SIM C, SIM C 1 dan SIM c2. dimana keterangannya adalah SIM C untuk motor dibawah 250c (<250 cc) kemudian SIM C1 untuk 250 cc sampai dengan 500 cc, dan SIM C2 untuk notor di atas 500 cc. memang disini masih terbilang ambigu atau belum ada penjelasan mendetail dari pihak kepolisian mengingat aktual kubikasi kendaraan tidak semua sesai judulnya. Misal Ninja 250cc aktualnya sekitar 249 cc Lur,, Nah lhooo..

kapan-pengelompokan-sim-c.jpg

Itu di Indonesia Lur negara tercinta kita ini.. beda lagi dengan penerapan di Inggris sana atau eropa pada khususnya. SIM Motor di inggir dibedakan sesuai dengan jenis dan kecepatannya. Jadi bukan berdasarkan kubikkasi atau cc motor .SIM terendah atau pemula di Inggri s adalah jenis AM ini digunakan untuk motor jenis bebek dan roda 3 yang mempunyai kecepatan antara 25 kpj sampai dengan 45 kpj. Nah kepemilikan SIM AM ini minimal usia 16 tahun kemudian wajib mengikuti pelatihan dasar, TEst teori dan Praktek

Kemudian untuk usia 17 tahun, bisa mendapatkan SIM A1, dimana motor yang boleh dinaiki adalah motor dengan roda dua atau tiga dengan tenaga maksimal 11 kw yang mana tidak diperbolehkan rasio 0,1 kw untuk per Kg berat kendaraan. untuk kubikasi kurang lebih 125 cc atau motor roda tiga dengan power tidak lebih dari 15 kW

JIka ingin mengendarai motor dengan power di atas 35 kw atau 46,94 HP pengguna wajin mempunyai SIM A2 dengan batasan usia minimal 19 tahun. Lantas untuk yang mengendarai motor dengan kubikasi dan power tak ? terbatas bagaimana..? Ya warga harus mempunyai SIM A yang untuk medapatkannya minimal harus berusia 24 tahun dan minimal 2 tahun sudah mempunyai SIM A2.

Nah mumet ya Lur kalau di Inggris tidak sembarangan orang boleh naik sepeda motor. Anak sekolah tidak bisa ngeeng atau ngebut dengan Ninja250, mungkin kalau di berlakukan akan dibilang pelanggaran HAM (heheh just kidding)

 

source : detik , gov.uk


Share This:

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*