Tips Berkendara dikala Hujan

Musim hujan Sudah tiba Lur.. dan makin hari intensitas hujan makin sering. Tentunya sebagai biker perlu lebih hati-hati lagi dalam berkendara serta perlengkapan extra seperti jas hujan supaya tetap terlindungi. Kebetulan sijidewe.com mendapat kiriman tips berkendara di kala hujan dari AHM, seperti apa.. yuk kita simak :

AstraMotor-1

Helm.
Helm sudah pasti wajib kita pakai saat berkendara, untuk kondisi hujan lebih disarankan menggunakan Helm Full face karena Lebih Tertutup. Baik mata dan wajah lebih aman dari siraman Air Hujan.

Jas Hujan
JAs HUjan sebagai pelindung seluruh badan dari terpaan air Hujan. ada dua jenis jas hujan yakni POnco dan stelan Baju dan Celana. Disarankan menggunakan jenis kedua Baju dan Celana karena lebih aman dengan bentuk yang fit ke badan. sedangkan jas hujan model Ponco sangat kurang aman. selain terpaan angin dan air yang masih bisa masuk juga bahaya karena bentuknya yang seperti jubah, bisa masuk ke putaran rantai atau roda. Sudah banyak kasus lo lur biker jatuh karena Jas hujan masuk ke putaran Roda atau Rante. Selain itu usahakan warna jas hujan yang berwarna cerah supaya mudah terlihat pengendara lain.

Sepatu
Penggunaan sandal saat hujan memang rasanya lebih simple karena gampang cuci kaki. tapi kalau naik sepeda mtor sangat tidak disarankan. sijidewe.com sendiri merasa jika berkendara tanpa sepatu saat hujan malah merasa tidak nyaman terkena cipratan air dan tanah/debu/pasir. Penggunaan sepatu lebih nyaman, apalagi model sepatu Boot yang mana melindungi kaki hingga betis atau masuk ke celana jas hujan. selain perlindungan dari air hujan juga mengurasi resiko terluka jika tergelincir saat hujan (ihhh jangan sampai ya….)

Sarung Tangan
Sama seperti halnya sepatu Lur, meningkatkan kenyamanan dan keamanan.

AstraMotor-2

Setelah perlengkapan di atas lantas apa lagi..? Yup Cara aman berkendara saat hujan, dimana saat hujan kondisi jalan susah ditebak, terkadang Lubang tertutup air atau kondisi aspal tertutup tananh/pasir dan air yang tentu berbahaya.

Selalu Nyalakan Lampu.
Lampu menyala memang sudah ketentuan wajib kendaraan Roda 2 meskipun kadang ada yang lupa atau nglupa khususnya motor keluaran sebelum peraturan Lampu selalu nyala yang mana masih ada saklarnya. dengan menyalakan lampu posisi kita lebih mudah dilihat oleh pengendara lain, apalagi saat hujan deras.

Cara Rem dan Tarik Gas Akselerasi
Usahakan selalu untuk melakukan pengereman dengan Smooth karena kondisi aspal basah roda akan lebih mudah tergelincir jika Pengeream mendadak.. Ban kita bukan Ban Basah MotoGP Lur. kemudian Akselerasi atau saat membetot throtle gas, lakukan juga dengan smooth. Jika asal Tarik bisa spin roda belakang.

Etika saat melewati Kubangan Air.
Ini yang biasanya sering terjadi, saat melewati kubangan air tidak mengurangi kecepatan sehingga air akan menyiprat dimana-mana, kasihan orang lain yang terciprat. Kurangi kecepatan..! selain itu untuk antisipasi kalau-kalau ternyata kubangan air itu adalah lubang yang tertutup air, bisa wassalam motor jungkir balik.

OK Lur Tips di atas semoga bermanfaat. Silahkan Tambahkan jika ada yang kurang.


Share This:

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*