Yamaha R3 kena Recall Kasus Triple Clamo Defect, Bukan Hal yang tabu

Dalam suatu Proses produksi tentu yang diharapkan semua berjalan normal dan quality control sesuai dengan standar SOP. Diharapkan tidak ada defect, Reject atau NG yang lolos atau Istilah qualitynya Zero Defect. Tapi apakah sesuai tercapai 100% …?

image

Maybe Yess Maybe No.. Karena dalam pembuatan produk standar standar proses sudah dibuat tapi tidak menutup kemungkinan faktor manusia lengah atau memang faktor mesin, material, cara atau methode. Seperti halnya kasus Recall Yamaha R3 Ini. Mungkin saat pengecekan sudah sesuai standar tapi dalam pengecekan mass production biasanya tidak 100% melainkan sampling beberapa pcs dalam 1 lot.

image

Nah di kasus Recall Triple Clamp Yamaha R3 ini sudah sudah ditemukan yakni hanya 16 buah saja secara data bisa jadi itu 1 lot proses yang sudah tercatat dalam check sheet. Dan pihak Yamaha Sendiri sudah melakukan Penggantian part yang bermasalah tersebut.

image

Yang membuat saya takjub di Amerika sana dalam Hal penanganan Kasus Claim dan Recall sudah ada badannya sendiri yakni NHTSA. Indonesia kapan ya ada badan independent seperti itu. Atau mungkin sudah ada cuma saya yang belum tau…?

Ref : tmcblog.com


Share This:

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*