Di Indonesia Kendaraan Ronda 4 Untuk Laik Jalan tidak Perlu Uji Tabrak

Bro sist mungkin pernah atau bahkan sering memantau informasi mengenai sebuah pengujian kendaraan bermotor di Luar negeri sana. Bahkan mungkin bisa di bilang Uji Tabrak kendaraan bermotor menjadi hal wajib, Sekelas BMW, Lamborgini pun kalau kita cari di Youtube ada Crash Test nya.

image

Tetapi kenapa di indonesia yang terdapat beberapa ATMP produsen mobil tidak ada pengujian Crash Test atau Uji Tabrak tersebut. Baca berita di kompas.com ternyata memang di indonesia tidak atau belum menerapkan hal tersebut. Sebagai Contoh Datsun Go yang di uji Tabrak oleh ASEAN NCAP hanya mendapat rating 2 bintang, namun tetap bisa mengaspal bahkan terhitung laris di indonesia.

Saat ini yang diterapkan di indonesia adalah Uji Type kendaraan oleh pemerintah. Dasar peraturan uji tipe berasal dari Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Di jabarkan dalam PeraturanPemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2012 Tentang Kendaraan.Dalam pasal 1 (10) Peraturan Pemerintah disebutkan

Uji Tipe Kendaraan Bermotor adalah pengujian yang dilakukan terhadap fisik Kendaraan Bermotor atau penelitian terhadap rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan atau Kereta Tempelan sebelum Kendaraan Bermotor dibuat dan/atau dirakit dan/atau diimpor secara massal serta Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi”.

Jadi Semua kendaraan yang beredar di indonesia dipastikan aman bro sist :mrgreen: yang penting jangan lupa berdoa sebelum melakukan perjalanan..


Share This:

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*