DIY – Pasang Sendiri Power Sound System Mobil

Penggunaan Sound System berdaya Tinggi pada Mobil beberapa waktu terakhir ini memang sedang In atau naik daun. Mungkin Bro sist juga ada yang memasang Power Sound System di Mobilnya. Saat Mulai Dari Yang Mahal puluhan juta sampai ratusan ribu merk china dipasaran ada.

image

Saya sendiri juga ngiler pengen kualitas suara di dalam mobil bisa bagus, jedag jedug namun apa daya Dompet belum mumpuni πŸ˜† ,walhasil cari jalan hemat agar tetap bersahabat di kantong hehe.. Memanfaatkan barang bekas mas bro.

image

Untuk Power Amplifier saya mendapatkan lungsuran dari teman yang powernya di copot. kemudian Untuk Speakernya menggunakan Speaker Woofer ACR 6 Inch bekas speaker Jaman dulu waktu mainan speaker aktif πŸ˜€ .
Lantas Pemasangannya bagaimana..? Gampang Mas bro asal kita ikuti skema yang ada. Untuk Jalur Audio saya mengikuti skema dibawah ini

image

atau ini

image

jalur di Double Din

image

Nah kemudian untuk pemasangannya cukup simple.. Out dari Head Unit Masuk ke Power Amplifier kemudian masuk di Woofer.

image

Input ada 2 Front dan Rear atau 4 Chanel, karena biasanya Head Unit Sudah mengadopsi 4 channel (Double Din).Β  Karena Di Out Nya cuma menggunakan 1 Speaker, berrti input yang terpakai cuma 1. Saya Ambil Channel Rear. Kenapa Rear, Biasanya Rear mengadopsi daya Rendah karena biasanya Outnya langsung ke Subwoofer dibelakang πŸ˜€ .

image

Pemasangan Amplifiernya cukup Mudah, Untuk Letak dikondisikan saja. Kebetulan saya dibawah Jok Depan. Kemudian untuk Power Supply ada 3. Yakni. Positif (+), Negatif (-) dan Remote. Kutub Positif dan Negatif Di Hubungkan Dengan Aki, baiknya diberikan Sekering lagi walaupun di Power Amplifier sudah ada Sekeringnya. Kemudian Remote di Hubungkan Ke Head Unit, Jadi ketika Head unit menyala Power baru ikut menyala. Remote disini fungsinya seperti relay. Biarpun kutub (+) dan (-) selalu terhubung dengan Aki, Namun power tidak akan On jika Remote tidak diberikan tegangan.

image

Kabel yang digunakan untuk Power Supply dari aki baiknya gunakan yang besar karena biarpun cuma 12 volt tapi arusnya besar di xenia saya misalnya Aki nya 45 Ampere.
Setelah Rangkaian selesai tinggal Test, dengan posisi Speaker Woofer dibelakang atau bagasi, cukup menggelegar sampai depan. Tapi Tidak berani full karena ini speaker Woofer maklum dana cekak hehe.. Nanto kalau ada rejeki untuk ini baru ganti Sub Woofer double coil supaya bisa lebih mengakomodasi Daya Rendah.
Jleng…Jleng..Jleng.. Asoi Mas bro :mrgreen:

Semoga bermanfaat.

sumber : google , blackcat200


Share This:

Related Posts

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*