Apa Itu Thermostat , Sensor Kipas , Thermosensor pada Sepeda Motor

BRosis sekalian, sebelumnya mohon maad lama tdak keluar artikel, karena ndilalah sudah beberapa hari ini diberikan Nikmat Sakit sama Allah SWT jadi cuma tenggelam dalam tempat tidur 😀 Alhamdulillah Hari ini Bisa Come Back Lagi.

Sepeda Motor entri level yang beredar di Indoensia saat ini kebanyakan sudah menggunakan Radiator misal ,Yamaha Vixion, HOnda CB150R, Honda CBR, Kawasaki Ninja, Honda Vario dll. Memang kayaknya piranti satu ini kurang afdol jika tidak nemplok di motor baru, khususnya motor sport. kata orang sih Motor hi-Tech :mrgreen: .cbr150r-radiator

Lantas Piranti apa saja melengkapi Motor yang menggunakan radiator. Seringnya muncul pertanyaan di group Motor-motor tersebut. Sudah sekian Bar kipas kok belum nyala, apa thermostat tidak berfungsi..? thermostat di sebelah mana mau dibypass supaya kipasnya nyala terus..? wehh.. 😮 saya sendiri juga jadi penasaran, yo wes googiling saja cari informasi karena saya juga masih tahap belajar. Untuk Hal ini saya ambil contoh dari Sepeda Motor Saya CBR150R (Karena Punyanya ini 😆 )

thermostat

Thermostat adalah sebual Valve atau katup yang bisa membuka dan menutup secara otomatis tergantung suhu diamana dia bekerja, disini kita bahas pada Radiator Sepeda Motor. Thermostat pada umumnya di setting pada suhu 80-90 derajat celcius.thermostat-mesin-mobil

Jadi ketika Mesin / radiator belum mencapai suhu tersebut, maka Air dalam Radiator belum bekerja atau belum berputar. dan ketikan Sudah mencapai suhu yang dimaksud maka Valve thermostat akan membuka dan cairan radiaotor akan berputar melewati water jacket kemudian ke radiator agar dingin. Disini jelas kita ketahui Fungsi Thermostat adalah sebagai Piranti Untuk menjaga Agar Suhu Mesin tetap pada Suhu Normal.

fan switch

Sensor Kipas / Switch Fun, Sensor kipas berbeda dengan Thermostat. Seringnya Untuk pemula Seperti saya saya mengira kalau sensor kipas itu adalah thermostat. Padahal tidak ada sangkut pautnya. Sensor kipas Berdiri sendiri dia bisanya ada dibagian Luar radiator. Yang mana Fungsinya seperti Switch. Bila Sensor sudah membaca suhu yang telah ditentukan makan akan Aktif atau ON. jadi kipas menyala. Gunanya untuk membantu mendinginkan Radiator karena JIka kondisi macet radiator kekurangan udara segar dari depan, yang mengakibatkan suhu melonjak.

fan switch

Thermosensor Colant, Sensor ini berfungsi membaca suhu colant atau cairan radiator yang mengalir letaknya di dekat Thermostat, yang hasil pembacaannya di salurkan ke Display atau Indikator pada panel Dashboard.

OK Brosis sedikit penjelasan yang saya kutip dari berbagai sumber semoga membantu buat bahan belajar, khususnya buat saya pribadi juga. MOnggo di Kunyah-kunyah

 

Artikel Menarik Lainnya :


Share This:

  • tags

Related Posts

  1. Untuk type injeksi sepertinya gak pake swicth fan.
    Switch fan type karbu biasanya nempel di radiator, untuk type injeksi sepertinya sudah terintegrasi dengan ECM.

Got Something To Say:

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*